Jakarta –Sekembalinya bekerja, Maverick Vinales menjadi yang tercepat keenam pada hari pertama tes MotoGP di Sepang.

Namun pebalap Aprilia itu masih menghadapi kesulitan dengan RS-GP versi tahun ini sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Pembalap Spanyol itu menjelaskan kepada pers: “Saya harus mengatakan bahwa perasaannya sangat berbeda dari satu motor ke motor lainnya. Sulit untuk membandingkannya, karena cara mengendarai motornya sedikit berbeda. Jadi kami perlu melakukan lebih banyak putaran.”

Baca Juga : Francesco Bagnaia : ‘Mencoba Fairing Baru Hal Yang Sangat Penting’

“Tentunya dengan tahun 2023, hanya dalam satu lap saya bisa mencapai batas kemampuan motor – waktu putarannya sangat cepat. Dengan tahun 2024 saya perlu mengambil lebih banyak waktu. Jadi pada dasarnya misi saya dalam tes ini adalah mencoba menyatu dengan motor 2024 dan dalam tes tersebut memahami batas dan seberapa besar saya bisa mendorong dengan motor baru”.

Viñales juga menjelaskan bahwa aerodinamika memiliki dampak yang signifikan dan memerlukan adaptasi, namun ia meyakinkan bahwa ia melihat potensi yang baik pada motor barunya:

“Bagi saya, aerodinamika membuat perbedaan besar pada perilaku ban dan juga bagaimana reaksi motor. Jadi saya perlu belajar dan juga sedikit mengadaptasi motornya dengan apa yang saya pelajari, apa yang perlu Anda lakukan untuk melaju cepat dengan motor jenis ini.”

“Pada dasarnya poin utama besok adalah melakukan lari, setting, dan banyak lagi. Karena menurut saya kita punya potensi bagus ke depan. Tentu saja ada beberapa hal, beberapa hal yang lebih aero, ini jelas untuk diuji.”

“Tapi menurut saya misinya saat ini adalah mencoba menyatu dengan motor 2024. Karena hari ini saya bukan salah satunya, saya merasa tidak enak badan, dan waktu putaran sudah sangat mirip dengan tahun 2023”.

Ditanya apakah dia punya hal lain untuk dicoba selain aerodinamis, si #12 menjawab: ‘Tidak, saya tidak punya. Tentu saja kami punya beberapa hal, tapi kami akan fokus untuk merasakan satu hal dengan motornya, merasa bahwa saya bisa membawa motornya hingga batasnya. Karena beda banget, dan kita masih butuh setup, kita butuh keseimbangan… dengan setup yang sama, keseimbangannya beda banget, jadi kita masih butuh waktu untuk memberikan keseimbangan yang tepat pada motor, pada ban dan terutama ban belakang’.

Viñales kemudian berkata: ‘”Saya memiliki setting yang persis sama dengan yang saya selesaikan di Valencia, saya sangat menyukai motornya. Dan saya pikir di lap kedua hari ini saya melaju dengan waktu 1m59.6s dan kemudian 1m58.5s dengan banyak kesalahan.”

“Jadi tahun 2023 memiliki potensi yang bagus, tetapi begitu saya melompat ke tahun 2024 dengan pengaturan yang persis sama, keseimbangan datanya sangat berbeda. Jadi kita perlu waktu untuk menyalin saldo 2023, saldo yang saya suka. Jadi kami memerlukan lebih banyak waktu”.