Roy Keane, mantan kapten Manchester United, memberikan kritik tajam terhadap keputusan Gareth Southgate yang menempatkan Trent Alexander-Arnold sebagai gelandang di Euro 2024.

Meskipun dikenal sebagai bek kanan yang handal di Liverpool, Alexander-Arnold diminta bermain di lini tengah oleh Southgate, sebuah langkah yang menurut Keane belum menunjukkan hasil positif.

Baca Juga

Dalam komentarnya kepada ITV Sport setelah pertandingan imbang 1-1 melawan Denmark, Keane mengkritik penampilan Alexander-Arnold di posisi barunya.

“Ketika seorang pemain ditarik keluar dalam dua pertandingan berturut-turut, itu bukan pertanda baik,” ujar Keane. Ia menyoroti bahwa meskipun Alexander-Arnold pernah bermain sebagai gelandang untuk Liverpool, menjadi starter reguler di posisi tersebut di tingkat internasional adalah tantangan yang berbeda.

Keane menjelaskan bahwa peran sebagai gelandang tengah memerlukan adaptasi fisik dan taktik yang signifikan. “Bermain di lini tengah adalah tugas yang berat. Secara fisik dan taktik, menjaga posisi sangatlah sulit, dan dalam dua pertandingan terakhir, Alexander-Arnold belum mampu menunjukkan performa yang dibutuhkan,” jelasnya. Komentar ini menekankan bahwa perubahan posisi memerlukan lebih dari sekadar kemampuan teknis.

Menurut Keane, tanggung jawab atas hasil ini lebih banyak berada pada Southgate daripada Alexander-Arnold.

“Keputusan ini bukan sepenuhnya kesalahan Trent. Gareth mengambil risiko besar dengan menempatkan bek kanan sebagai gelandang di pertandingan penting,” kata Keane. Ia menambahkan bahwa Inggris belum menghadapi tim-tim kuat seperti Perancis atau Spanyol, namun tetap mengalami kesulitan melawan tim yang seharusnya lebih mudah ditaklukkan.

Baca Juga

Pada akhirnya, Keane menyatakan bahwa eksperimen ini tidak berhasil dan terlalu berisiko. “Ini adalah permintaan besar bagi Alexander-Arnold, dan dia belum sanggup melakukannya,” ungkap Keane. Kritik ini menunjukkan pentingnya evaluasi strategi dan pemilihan posisi pemain yang tepat, terutama dalam turnamen besar seperti Euro 2024. Keane berharap Southgate dapat segera menemukan solusi yang lebih efektif untuk meningkatkan performa tim nasional Inggris.