Ciro Ferrara, mantan bek Juventus, mengungkapkan rasa kecewanya terkait potensi kepergian Riccardo Calafiori ke Arsenal. Bek Bologna tersebut dikabarkan sedang dalam pembicaraan transfer dengan The Gunners, yang telah mengajukan tawaran sebesar €50 juta. Ferrara menyayangkan hilangnya pemain muda berbakat ini dari Serie A.

Dalam wawancaranya dengan TMW, Ferrara mengatakan, “Saya mendaftarkannya sebagai kejutan untuk kejuaraan tetapi mereka mengatakan kepada saya bahwa dia akan pergi ke Arsenal.” Menurutnya, kepergian Calafiori akan menjadi pukulan telak bagi sepak bola Italia. Ferrara merasa bahwa Serie A perlu mempertahankan talenta-talenta mudanya untuk tetap kompetitif.

Baca Juga

Ferrara juga membahas tren pemain muda Italia yang pindah ke luar negeri. “Kejuaraan kami menghasilkan pemain-pemain muda yang menarik tapi kemudian mereka pergi ke tujuan yang berbeda,” ujarnya. Dia berharap Calafiori bisa bertahan di Italia, meskipun transfer ke Arsenal tampaknya semakin dekat.

Mantan bek Juventus ini membandingkan situasi Calafiori dengan Sandro Tonali. “Saya minta maaf, sama seperti saya turut berduka cita terhadap (Sandro) Tonali, di luar kejadian yang menimpanya,” kata Ferrara. Kepergian Tonali dari Serie A juga dirasakan sebagai kehilangan besar bagi sepak bola Italia, dan Ferrara khawatir bahwa Calafiori akan memberikan dampak yang sama.

Calafiori telah menunjukkan performa impresif di Bologna, menarik minat dari klub-klub besar Eropa. Arsenal melihat Calafiori sebagai tambahan potensial untuk memperkuat lini belakang mereka. Tawaran €50 juta dari Arsenal menunjukkan betapa besar nilai yang ditempatkan pada Calafiori.

Namun, bagi Serie A, kehilangan pemain seperti Calafiori berarti kehilangan salah satu talenta muda terbaik mereka. Ferrara berharap bahwa klub-klub Italia dapat menemukan cara untuk mempertahankan pemain-pemain berbakat mereka dan tidak terus menerus kehilangan mereka ke klub-klub luar negeri.

Ferrara juga menekankan pentingnya mempertahankan pemain muda untuk menjaga daya saing dan kualitas Serie A. Dia berharap bahwa federasi sepak bola Italia dan klub-klub Serie A dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan pemain muda. Dengan begitu, pemain seperti Calafiori mungkin akan lebih memilih untuk tetap bermain di Italia.

Baca Juga

Secara keseluruhan, potensi kepergian Riccardo Calafiori ke Arsenal menjadi perhatian serius bagi Ciro Ferrara. Dia berharap bahwa sepak bola Italia dapat mempertahankan talenta-talenta mudanya dan menjaga daya saing liga di panggung internasional.