M88 Thiago Alcantara, gelandang Liverpool asal Spanyol, mengumumkan pensiunnya dari sepak bola profesional pada usia 33 tahun. Fabrizio Romano mengonfirmasi bahwa Thiago telah memutuskan untuk mengakhiri karirnya setelah kontraknya dengan Liverpool berakhir, mengakhiri perjalanan karir yang gemilang.

Thiago memulai karirnya di akademi Flamengo sebelum bergabung dengan La Masia, akademi terkenal Barcelona, pada tahun 2005. Ia melakukan debut di tim utama Barcelona pada musim 2008/09 dan menjadi bagian penting dari kesuksesan klub tersebut. Pada tahun 2013, ia pindah ke Bayern Munich untuk bermain di bawah asuhan Pep Guardiola.

Baca Juga

Di Bayern Munich, Thiago menikmati kesuksesan besar dengan meraih tujuh gelar Bundesliga dan dua Liga Champions. Pada tahun 2020, ia memutuskan untuk melanjutkan karirnya di Liverpool. Namun, dua musim terakhirnya di Anfield diwarnai dengan cedera yang membatasi penampilannya di lapangan.

Musim 2023/24 menjadi musim yang sulit bagi Thiago, di mana ia hanya tampil dalam satu pertandingan resmi. Cedera yang berkelanjutan membuatnya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional. Meski demikian, Thiago tidak akan sepenuhnya meninggalkan dunia sepak bola dan berencana untuk tetap terlibat dalam olahraga ini dalam kapasitas yang berbeda.

Thiago adalah putra dari Mazinho, pemenang Piala Dunia 1994 bersama Brasil. Dari kecil, ia sudah memiliki dasar sepak bola yang kuat dan menunjukkan bakat luar biasa yang membawanya ke puncak karir di Eropa. Prestasinya di Barcelona, Bayern Munich, dan Liverpool menjadikannya salah satu gelandang terbaik dalam sepak bola modern.

Sepanjang karirnya, Thiago telah memenangkan berbagai trofi bergengsi, termasuk dua Liga Champions, dua Piala Dunia Antarklub, satu Piala Super Eropa, tujuh gelar Bundesliga, dan empat gelar La Liga. Dia juga memiliki catatan yang mengesankan di tim nasional Spanyol, memenangkan gelar Eropa U-17 dan U-21.

Baca Juga

Dengan pengumuman pensiunnya, Thiago mengakhiri perjalanan karir yang luar biasa. Meskipun tidak lagi bermain, pengaruh dan warisan Thiago akan terus hidup di dunia sepak bola, menginspirasi pemain muda dan membawa kenangan indah bagi para penggemar.